Selasa, 05 Januari 2016

Daur Hidup Hewan di Lingkungan Sekitar



Setiap hewan pasti mengalami tahap pertumbuhanan dan perkembangan. Daur hidup dimulai saat keluar dari perut induknya hingga dewasa. Setelah dewasa hewan dapat menghasilkan keturunan kembali. Namun, daur hidup pada beberapa kelompok hewan ternyata berbeda-beda.

Sapi betina melahirkan anak sapi. Kemudian anak sapi akan tumbuh dan berkembang menjadi sapi dewasa. Sapi betina yang sudah dewasa akan melahirkan anak sapi. Hal ini terus berlangsung selama sapi masih hidup. Apakah daur hidup sapi sama dengan daur hidup kupu-kupu? Untuk lebih jelasnya mari kita belajar tentang daur hidup kupu-kupu, daur hidup nyamuk, daur hidup kecoak, dan daur hidup kucing.
Di dalam daur hidup hewan terdapat macam-macam metamorfosis, diantaranya adalah metamorfosis sempurna, dan tidak mengalami metamorfosis.
A.     Metamorfosis Sempurna
Merupakan jenis perubahan hewan yang melalui 4 tahapan pertumbuhan dan perubahan. Tahap metamorfosis sempurna adalah sebagai berikut :

Keempat tahap pertumbuhan tersebut masing-masing memiliki tahap yang berbeda-beda. Berikut contoh daur hidup hewan yang termasuk metamorfosis sempurna :
1.     Daur Hidup Kupu-Kupu
Kalian pernah melihat kupu-kupu? Di manakah kalian mendapatkan kupu-kupu? Amati gambar daur hidup kupu-kupu di bawah ini.

Coba ceritakan mulai dari telur sampai terbentuk kupu-kupu? Kupu-kupu betina akan bertelur di permukaan daun tumbuhan. Setelah sekian lama telur-telur tersebut menetas menjadi ulat atau larva. Ulat akan tumbuh dan berkembang menjadi kepompong atau pupa. Kemudian dari kepompong (kepompong termasuk pupa) akan keluar kupu-kupu. Selanjutnya kupu-kupu betina akan bertelur. Daur hidup ini terus berlangsung selama kupu-kupu hidup. Jadi gambar tersebut menunjukkan metamorfosis sempurna pada kupu-kupu.
2.      Daur Hidup Nyamuk
Nyamuk dapat ditemukan di mana-mana. Hewan ini sangat merugikan manusia karena dapat menimbulkan penyakit. Bagaimana daur hidup nyamuk? Coba perhatikan gambar daur hidup nyamuk di bawah ini.

Nyamuk betina bertelur di air, kemudian telur menetas menjadi jentik-jentik atau larva tingkat I. Larva tingkat I akan tumbuh dan berkembang menjadi larva tingkat II atau pupa. Kemudian dari pupa ini akan keluar nyamuk. Mulai dari telur sampai pupa semuanya berada di air.
Daur hidup kupu-kupu dan nyamuk termasuk metamorphosis sempurna. Metamorfosis adalah proses perubahan bentuk dan fungsi tubuh.

B.     Metamorfosis Tidak Sempurna
Merupakan metamorfosis yang melalui tahap telur yang menetas menjadi nimfa, kemudian tumbuh dan berkembang menjadi imago (dewasa). Tahap metamorfosis tidak sempurna adalah sebagai berikut :

Contoh dari daur hidup hewan yang termasuk metamorfosis tidak sempurna adalah sebagai berikut :
1.      Daur Hidup Kecoak
Kecoak banyak kita temukan di rumah. Apakah warna tubuh kecoak? Amati daur hidup kecoak berikut ini:

Kecoak betina bertelur, telur-telur tersebut biasanya akan kalian temukan pada tumpukan kertas atau dus. Telur tersebut bentuknya seperti kapsul yang berwarna cokelat kehitaman. kemudian telur menetas menjadi nimfa muda, nimfa ialah tahapan tubuh hewan muda. Nimfa pada kecoak memiliki bentuk tubuh yang hampir serupa dengan kecoak dewasa, tetapi ukuran nimfa lebih kecil dan belum bersayap. Nimfa muda tumbuh dan berkembang menjadi nimfa tua, selanjutnya nimfa tua menjadi kecoak.. Setelah dewasa, kecoak tersebut akan bertelur. Telur tersebut akan menetas. Tahapan perubahan bentuk akan terulang lagi.
Daur hidup ini disebut metamorfosis tidak sempurna, karena tidak ada tahapan kepompong atau pupa.

A.   Tidak Mengalami Metamorfosis
Suatu makhluk hidup dinyatakan tidak mengalami metamorfosis karena tidak mengalami perubahan bentuk dan fungsi tubuh. Contoh dari daur hidup hewan yang termasuk metamorfosis tidak sempurna adalah sebagai berikut :
1.      Daur Hidup Kucing
Banyak hewan dalam daur hidupnya tidak mengalami metamorfosis. Contoh, daur hidup kucing, daur hidup ayam dan lain-lain.
Kucing merupakan hewan yang sering kali kalian lihat, baik di rumah, di jalan, di taman, bahkan di tempat pembuangan sampah. Mungkin salah seorang dari kalian ada yang memelihara kucing. Namun, apakah kalian mengetahui daur hidup kucing?

Kucing termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan anak. Anak kucing dapat terus tumbuh jika induknya menyusuinya. Jika anak kucing tersebut dapat bertahan hidup, anak kucing akan tumbuh dewasa dan dapat menghasilkan keturunan (anak) kembali. Kucing betina akan melahirkan anak kucing, kemudian anak kucing tumbuh menjadi kucing dewasa. Kucing dewasa yang betina akan melahirkan anak kucing. Begitu pula ayam betina bertelur. Jika dierami, telur-telur ayam tersebut akan menetas mengeluarkan anak ayam. Anak ayam akan tumbuh dan berkembang menjadi ayam dewasa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar